Permainan Bola Voli: Pengertian, Peraturan, dan Teknik Dasar Bola Voli

f:id:btsmembers:20201113175236j:plain

Penafsiran Bola Voli

Apa yang diartikan dengan game bola voli( volley ball)? Dengan cara biasa, penafsiran bola voli merupakan salah satu agen berolahraga bola dimana metode membawakannya dengan menjatuhkan bola ke dalam alun- alun rival sebesar bisa jadi buat menggapai angka khusus.

Opini lain berkata, penafsiran bola voli merupakan sesuatu agen olah badan yang dimainkan oleh 2 group yang silih bertentangan dimana tiap group mempunyai 6 orang pemeran. Dampingi alun- alun kedua group atau regu itu dibatasi oleh suatu net penghalang dengan ketinggian khusus.

Dalam permainan bola voli ada aksi mem- volley, ialah aksi memukul bola saat sebelum jatuh hal alun- alun. Aksi mem- volley dan membalikkan bola ke atas dapat dicoba dengan semua badan dengan ketentuan pantulannya wajib sempurna.

Game Bola Voli Bagi Para Ahli

Supaya lebih menguasai apa itu bola voli, hingga kita bisa merujuk pada opini sebagian pakar selanjutnya ini:

1. Mahfud Irsyada

Bagi Mahfud Irsyada, penafsiran bola voli merupakan sesuatu tipe game olah badan beregu yang mengaitkan lebih dari satu orang pemeran. Dalam perihal ini, tiap- tiap regu bola voli mempunyai 6 orang pemeran.

2. Aip Syaifudin serta Muhadi

Bagi Aip Syaifudin serta Muhadi, penafsiran bola voli merupakan game olah badan yang dimainkan oleh 2 golongan, dimana tiap golongan terdiri dari 6 orang pemeran. Tiap- tiap golongan berusha buat memukul serta menjatuhkan bola ke dalam alun- alun rival melampaui bagian atas net dan menghindari golongan rival menjatuhkan bola ke dalam alun- alun.

3. Aliansi Bola Voli Semua Indonesia( PBVSI)

Bagi PBVSI, penafsiran bola voli merupakan olah badan yang di mainkan oleh 2 regu dalam tiap alun- alun dengan dipisahkan oleh suatu net. Tujuan dari game merupakan melupakan bola di atas net supaya bisa jatuh memegang lantai rival. Tiap regu bisa memainkan 3 kali pantulan buat mengembalikan bola.

Asal usul Game Bola Voli

Game bola voli awal kali ditemui oleh William George Morgan, pada tahun 1985 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Sindikat. William George Morgan merupakan seseorang instruktur pembelajaran badan di suatu badan bernama Young Men’ s Christian Association( YMCA).

Awal mulanya Morgan termotivasi dari James Naismith, ialah pencipta olah badan Bola Basket. Dengan mengadopsi serta mencampurkan sebagian game( baseball, tenis, bola basket, serta bola tangan), Morgan kesimpulannya menghasilkan olah badan terkini yang diberi julukan Mintonette( Bola Voli).

Pada awal mulanya game Mintonette dilahirkan spesial buat para badan YMCA yang telah berusia. Nyatanya olah badan ini terus menjadi terkenal serta kesimpulannya mendunia.

Pada tahun 1896 julukan Mintonette diganti jadi Volley Ball. Pergantian julukan itu sekalian jadi perlombaan sah awal, ialah pada event International YMCA Training School.

Asal usul Bola Voli Di Indonesia

Game bola voli masuk ke Indonesia pada era kolonialisme Belanda, ialah pada tahun 1928. Pada era itu, olah badan ini cuma dimainkan oleh para adiwangsa serta orang Belanda.

Bola voli setelah itu dipublikasikan ke warga Indonesia dimana pada era itu guru- guru pembelajaran badan berawal dari Belanda. Tidak hanya dari pembelajaran badan, kemajuan olah badan terus menjadi cepat di Indonesia sebab kerap dimainkan oleh para badan angkatan.

Game bola voli hadapi kemajuan yang amat cepat di Indonesia. Di bermacam kota besar di Indonesia juga bermunculan klub- klub bola voli, serta pada 22 Januari 1955 lahirlah badan PBVSI( Aliansi Bola Voli Semua Indonesia).

Metode Dasar Game Bola Voli

Dalam olah badan bola voli ada sebagian metode dasar yang wajib dipahami oleh para aktornya. Ada pula sebagian metode dasar >

f:id:btsmembers:20201113175236j:plain
permainan bola voli
1. Metode Dasar Bola Voli, Service
Dalam game bola voli, jasa( service) merupakan bogem mentah dini dari luar alun- alun buat mengawali rally dalam perlombaan. Terdapat 4 tipe jasa yang dapat dicoba, ialah:

Jasa Kinja; ialah jasa dengan metode melontarkan bola ke arah atas depan, kemudian pemeran melompat serta memukul bola kala di hawa ke arah alun- alun rival.

Jasa Dasar; ialah jasa dengan metode melontarkan bola seperlunya, kemudian pemeran memukul bola dari arah dasar bola dengan tangan menggenggam.
Jasa Atas; ialah jasa dengan metode melontarkan bola ke arah atas dengan ketinggian sempurna, kemudian pemeran memukul bola dengan telapak tangan kala bola terletak di atas kepala.

Jasa Sisi; ialah jasa dengan metode melontarkan bola dengan ketinggian seperlunya, kemudian pemeran memukul bola dengan metode menyamping sembari memutar badan.

2. Metode Dasar Bola Voli, Passing
Dalam game bola voli, passing merupakan membagikan korban pada kawan satu regu atau memusatkan bola langsung ke wilayah alun- alun rival. Terdapat 2 metode passing yang kerap dicoba dalam volley ball, ialah:

Passing Dasar; ialah passing yang dicoba pemeran kala menyambut bola dimana posisi bola itu lebih kecil dari posisi kepala pemeran. Metode passing ini umumnya dipakai kala menyambut jasa dari rival.

Passing Atas; ialah passing yang dicoba kala menyambut bola dimana posisi bola itu terletak di atas kepala pemeran. Metode passing ini umumnya dicoba kala membagikan korban pada kawan setim, tetapi dapat pula dipakai buat menyambut jasa dari rival.

3. Metode Dasar Bola Voli, Smash
Dalam game bola voli, smash merupakan metode melanda dengan metode memukul bola sekeras bisa jadi supaya bola itu jatuh ke wilayah alun- alun golongan rival. Smash bisa dicoba dengan sebagian metode, antara lain:

Quick Smash( First Tempo); ialah metode smash yang dicoba oleh pemeran depan tengah. Metode melanda ini dicoba kala seseorang setter membagikan korban serta penyerbu telah melompat buat memukul bola.

Semi Smash( Second Tempo); ialah metode smash yang dicoba kala seseorang setter membagikan korban bola tidak sangat besar. Penyerbu yang hendak memukul bola telah mulai melompat sehabis mengenali arah bola serta setelah itu memukulnya.

Push Smash( Third Tempo); ialah metode smash yang dicoba kala setter membagikan korban bola amat besar kemudian penyerbu berlari serta melompat ke arah bola serta memukulnya.

Ace Smash; ialah metode smash yang dicoba oleh seseorang ace pada regu bola voli dengan melaksanakan bogem mentah keras ke wilayah alun- alun rival.
Pull Smash; ialah metode smash dengan aksi membodohi rival dengan membuat rival menduga metode serbuan yang dipakai, antara Quick Smash ataupun Semi Smash.

4. Metode Dasar Bola Voli, Blocking
Dalam olah badan volley ball, blocking merupakan metode bertahan buat menghalau serbuan smash dari rival supaya bola tidak melampaui net. Tidak hanya itu, metode blocking ini pula bermaksud buat menjatuhkan bola ke dalam alun- alun rival.

Blocking cuma bisa dicoba oleh pemeran yang terletak pada posisi depan garis serbu. Sebaliknya pemeran yang terletak pada posisi di balik garis serbu tidak diperbolehkan buat melaksanakan blocking.

Metode bertahan ini umumnya diserahkan pada pemeran yang mempunyai bentuk badan badan yang lebih besar. Dengan bentuk badan besar itu hendak mempermudah pemeran buat menghalau ataupun membalikkan bola yang di- smash oleh regu rival.

Peraturan Game Bola Voli

Olah badan bola voli mempunyai sebagian peraturan dasar yang diresmikan oleh Aliansi Bola Voli Global( FIVB) serta Aliansi Bola Voli Semua Indonesia( PBVSI). Selanjutnya ini merupakan sebagian peraturan dasar dalam game bola voli:

1. Dimensi Lapangan

Dimensi alun- alun bola voli merupakan 9 m x 18 m, merujuk pada peraturan yang dikeluarkan oleh Aliansi Bola Voli Global( FIVB). Batasan serbu pemeran balik berjarak 3 m dari garis tengah, serta garis pinggir alun- alun wajib berdimensi 5 centimeter.

Besar net buat regu putera merupakan 2, 43 meter, sebaliknya buat regu puteri merupakan 2, 24 meter. Luas net bola voli merupakan 1 m, serta jarak pilar net ke garis pinggir alun- alun sepanjang 0, 5– 1 m.

2. Standar Bola yang Digunakan

Standar bola yang dipakai dalam olah badan volley ball wajib cocok dengan sebagian patokan selanjutnya:

• Bola wajib dibuat dari materi kulit lunak ataupun bikinan.
• Bola wajib berupa bula dengan garis tengah 65- 67 centimeter dengan massa 260- 280 gr.
• Bola wajib mempunyai campuran corak cocok determinasi.

3. Jumlah Pemeran Tiap Tim

Tiap golongan dalam game bola voli dimainkan oleh 6 orang, tercantum libero. Libero merupakan pemeran yang bisa keluar- masuk tetapi tidak diperbolehkan buat melaksanakan smash. Dalam satu perlombaan, tiap regu bola voli terdiri dari 10 pemeran yang terdiri dari 6 pemeran inti serta 4 pemeran persediaan.

Olah badan ini sesungguhnya pula bisa dimainkan oleh 4 orang dalam satu regu. Tetapi, bila dalam perlombaan nyatanya terdapat regu yang aktornya kurang dari 4 orang hingga regu itu diklaim takluk.

4. Ketentuan serta Kekangan Dalam Bola Voli

Ada sebagian ketentuan serta kekangan dalam game bola voli yang wajib serta tidak bisa dicoba oleh para pemeran. Sebagian antara lain merupakan bagaikan selanjutnya:

• Jersey ataupun pakaian sebentuk regu wajib mempunyai no punggung serta dada. Sebaliknya no pada celana pendek ada pada bagian depan pukang kanan. Para pemeran pula wajib memakai baju kaki serta sepatu karet.
• Kala perlombaan berjalan, para pemeran tidak bisa memegang net ataupun melampaui batasan tengah alun- alun. Bila melanggar, hingga regu rival hendak memperoleh nilai.
• Pemeran wajib melaksanakan jasa dari luar alun- alun serta tidak bisa tiba ataupun melampaui garis alun- alun.
• Pemeran tidak bisa membekuk ataupun melontarkan bola, tetapi wajib dipantulkan dengan sempurna dengan memakai tangan, kepala, ataupun kaki.
• Bola dikira out bila sudah memegang bagian luar dataran alun- alun. Bila pemeran sedang sanggup membalikkan bola saat sebelum jatuh ke dataran lantai hingga belum dikira out.
• Tiap- tiap regu cuma bisa melaksanakan 1 kali timeout per sesi dalam perlombaan.
• Pergantian pemeran bisa dicoba berulang kali serta tidak terbatas.
• Perlombaan bisa dicoba sepanjang 3 sesi( 2 kemenangan) ataupun 5 sesi( 3 kemengangan).

Sistem kalkulasi nilai dalam game bola voli memakai sistem rally poin dengan jumlah 25 nilai. Bila terjalin nilai seri 24- 24 hingga hendak terjalin deuce ataupun bonus sampai terjalin beda 2 nilai.

Demikianlah uraian singkat hal game bola voli, penafsiran, asal usul, peraturan, dan metode dasar bola voli. Mudah- mudahan postingan ini berguna serta menaikkan pengetahuan kalian.